Set Up Fisik Pada ISR


  1. Inisiasi konfigurasi router ISR (Integrated Service Router)
ISR mengkombinasikan fitur seperti fungsi routing dan switching, security, voice, koneksi LAN dan WAN ke dalam sebuah alat.
Apa itu Router ?
Router adalah komputer khusus yang memiliki tugas utama mengirimkan paket melalui jaringan komputer. Router bertanggungjawab dalam hal mengkoneksikan antar jaringan dengan cara memilih jalur terbaik bagi paket untuk diteruskan sampai ke tujuan akhir.

Komponen Router :
  1. CPU – Menjalankan perintah operating system
  2. Random access memory (RAM) – Berisi file salinan konfigurasi yang sedang berjalan saat ini. Menyimpan routing table. Isi RAM hilang apabila power dimatikan.
  3. Read Only Memory (ROM) – Menyimpan diagnostic software yang digunakan ketika router mulai dinyalakan. Menyimpan program bootstrap router.
  4. Nonvolatile RAM (NVRAM) – Menyimpan startup configuration. Termasuk didalamnya alamat – alamat IP (Routing protocol, Hostname dari router)
  5. Flash memory – Berisi operating system (Cisco IOS)
  6. Interfaces – Terdapat banyak interface fisik yang digunakan untuk terhubung dengan jaringan.
Contoh jenis interface:
– Ethernet / fast Ethernet interfaces
– Serial interfaces
– Management interfaces
Konfigurasi Router
Langkah inisialisasi yang digunakan untuk mengkonfigurasi router tidaklah terlalu sulit. Cisco IOS menyediakan banyak tool yang dapat digunakan untuk ditambahkan dalam file konfigurasi. Diharapkan setelah melewati modul ini, Anda akan mampu:
  • Memberi nama ke router
  • Setting password
  • Memahami perintah show
  • Mengkonfigurasi interface serial
  • Mengkonfigurasi interface Ethernet
  • Menjalankan perubahan router
  • Menyimpan perubahan konfigurasi
  • Mengkonfigurasi deskripsi interface
  • Mengkonfigurasi message-of-the-day banner
  • Mengkonfigurasi table host
  • Memahami betapa pentingnya backup dan dokumentasi file konfigurasi
  1. Setup Fisik pada ISR
Mengeksekusi file konfigurasi startup atau memasuki mode setup antara lain :
Startup file konfigurasi
File konfigurasi startup adalah file konfigurasi disimpan yang menentukan sifat dari perangkat setiap kali perangkat bertenaga. File ini disimpan dalam non-volatile RAM (NVRAM), yang berarti bahwa itu disimpan bahkan ketika daya ke perangkat dimatikan.
Ketika sebuah router Cisco pertama kali menyala, itu beban perangkat lunak Cisco IOS untuk bekerja memori, atau RAM. Selanjutnya, file konfigurasi startup dicopy dari NVRAM ke RAM. Ketika file konfigurasi startup terisi ke dalam RAM, file menjadi awal menjalankan konfigurasi.

Menjalankan File Konfigurasi
Istilah yang menjalankan konfigurasi mengacu pada konfigurasi saat ini berjalan di RAM pada perangkat. File ini berisi perintah yang digunakan untuk menentukan bagaimana perangkat beroperasi pada jaringan.
Menjalankan file konfigurasi disimpan dalam memori kerja perangkat. Perubahan parameter konfigurasi perangkat dan berbagai dapat dibuat ketika file tersebut dalam memori kerja. Namun, menjalankan konfigurasi hilang setiap kali perangkat dimatikan, kecuali menjalankan konfigurasi disimpan ke file konfigurasi startup.
Setelah file konfigurasi startup terisi dan sepatu router berhasil, perintah show version dapat digunakan untuk memverifikasi dan troubleshoot beberapa perangkat keras dasar dan komponen perangkat lunak yang digunakan selama proses bootup. Output dari perintah show version meliputi:
(lanjut postingan selanjutnya)....

Comments

Popular posts from this blog

Konfigurasi Manajemen Bandwidth

Pengertian NAT Static dan Dynamic

Keuntungan Menggunakan Web Proxy