TUTORIAL INSTALL LINUX UBUNTU

Langkah-langkah instalasi Ubuntu 14.04 

1. Siapkan terlebih dahulu DVD Installer ubuntu atau sobat bisa juga menggunakan media USB Flash. Kalau belum memiliki installer ubuntu, silahkan menuju halaman resmi ubuntu untuk mendapatkan installernya. 
2. Masuk terlebih dahulu ke pengaturan BIOS dengan menekan F1/F2 (untuk laptop) atau tombol DEL (untuk komputer). 
3. Ubah urutan booting pertama menjadi CD/DVD atau Removable (bila menggunakan media flasdisk atau DVD eksternal). 
4. Setelah masuk ke ubuntu kita dihadapkan dengan dua pilihan yaitu "Try Ubuntu" atau "Instal Ubuntu". Kalau hanya sekedar ingin mencoba bagaimana rasanya ubuntu, silahkan pilih "Try". Dan silahkan pilih "Instal" kalau sobat ingin memakainya.

Dua pilihan sebelum melakukan instalasi ubuntu 14.04
Dua pilihan awal sebelum instalasi
5. Selanjutnya kita pilih "continue", biarkan semuanya dalam kondisi default. Pada bagian ini ubuntu meminta ruang kosong hardisk minimal 6.4GB dan komputer terhubung langsung dengan koneksi internet.
Persiapan sebelum instalasi ubuntu 14.04
Persiapan yang dibutuhkan saat instalasi
6. Masuk kebagian selanjutnya kita akan dihadapkan beberapa pilihan. Silahkan baca sedikit penjelasan yang saya berikan.      
Tipe instalasi ubuntu 14.04
Tipe instalasi

     Keterangan gambar : 
  • Erase disk and Instal ubuntu - pilihan ini akan menghapus partisi yang ada didalam komputer dan langsung melakukan instalasi ubuntu
  • Encrypt the new ubuntu for installation for security - pilihan ini akan melakukan enkripsi semua file pada partisi ubuntu dengan password. Cukup berguna bagi sobat yang memiliki data-data yang sangat penting 
  • Use LVM with the new Ubuntu Installation - pilihan ini merupakan manajemen disk yang bisa menggabungkan beberapa partisi menjadi satu volume
  • Something else - pilihan ini untuk membuat partisi yang kita inginkan atau multiple partisi untuk ubuntu
Saya menganggap sobat menggunakan komputer baru yang memang belum ada datanya dan ingin mencoba linux. Maka pilihan yang paling tepat yaitu "Erase disk and Instal ubuntu". Namun bila komputer kita sudah memiliki data didalam hardisk, silahkan pilih "Something else".
7. Setelah memilih erase disk akan muncul peringatan bahwa pilihan tersebut akan menimpa partisi dan menghapus partisi yang ada. Lanjutkan dengan klik Continue
peringatan yang muncul ketika memilih erase disk
Peringatan yang muncul
8. Kita akan dihadapkan dengan pilihan lokasi dimana kita tinggal. Untuk hal yang satu ini, dimanapun kita berada, pemilihan waktu adalah jakarta time.
Pemilihan lokasi kita
Pilih waktu jakarta
9. Keyboard layout dibiarkan default yaitu English (US)
menentukan layout keyboard yang kita gunakan
Pemilihan layout keyboard biarkan default
10. Who are you? . Silahkan masukkan User name atau Your name, masukkan password dan pilih Require my password to log in. Klik continue untuk melanjutkan
memasukkan data pengguna komputer
Memasukan data pengguna komputer
11. Kita akan menunggu proses dari instalasi ubuntu 14.04 ini. Waktunya cukup lama, tidak jauh berbeda mungkin dengan proses instalasi windows, sembari menunggu silahkan siapkan segelas kopi hangat agar tidak bosan jangan lupa sambil membaca buku hehe.
Proses Instalasi ubuntu 14.04
Proses Instalasi
12. Setelah proses instalasi ubuntu 14.04 akan muncul pemberitahuan bahwa instalasi linux ubuntu sudah selesai. Cukup klik "Restart Now" untuk menyelesaikan proses tersebut. 
Instalasi ubuntu selesai dan membutuhkan restart komputer
Instalasi selesai dan membutuhkan restart komputer
13. Langkah terakhir cukup memasukkan password yang telah kita buat tadi dan linux ubuntu sobat siap digunakan. Kalau yang sudah biasa menggunakan sistem operasi ini, kemungkinan tidak asing dengan tampilan awal yang memang tidak terlalu banyak perubahan. 
Tampilan awal sistem operasi ubuntu 14.04
Tampilan awal ubuntu

14.Jika sudah, Anda akan langsung dibawa menuju desktop ubuntu. Dan instalasi pun sudah selesai.

Comments

Popular posts from this blog

Konfigurasi Manajemen Bandwidth

Pengertian NAT Static dan Dynamic

Keuntungan Menggunakan Web Proxy